Monday, June 27, 2011

contoh Proposal LOMBA TK/RA, TPA/TPQ, DAN MADRASAH DINIYAH/SD

Project Proposal
LOMBA TK/RA, TPA/TPQ, DAN MADRASAH DINIYAH/SD,
SE-KECAMATAN SEPUTIH MATARAM KAB. LAMPUNG TENGAH

I. PENDAHULUAN
Bismillaahirrahmaanirrahiim
Segala puji bagi Allah Tuhan Pengatur semesta alam. Shalawat dan salam semoga Allah limpahkan kepada Junjungan kita Nabi Muhammad SAW, para keluarga, shahabat dan segenap umatnya hingga akhir zaman. Proposal kegiatan ini kami susun untuk diusulkan atau ditawarkan baik pada individu maupun institusi yang kemudian diharapkan akan tertarik memberikan kontribusi dalam berbagai bentuk partisipasi. Semoga proposal ini, bisa memperjelas rencana kegiatan yang akan kami selenggarakan.

II. NAMA KEGIATAN
“Ajang Kreativitas Islami dalam rangka Menggali Potensi dan Kreativitas Islami, Tumbuhkan Kecintaan pada Allah dan Rasul-Nya”

III. LATAR BELAKANG
“…….janganlah kalian meninggalkan generasi di belakang kalian dalam keadaan lemah yang engkau cemaskan keadaannya… (An Nisaa : 9)
Semakin ditinggalkannya norma-norma dan nilai-nilai agama adalah merupakan indikasi lemahnya suatu generasi. Banyak hal yang menjadi sebab kelemahan tersebut, salah satunya adalah melemahnya pembinaan generasi-umat yang merupakan tanggung jawab kita semua. Ayat di atas merupakan landasan Imani yang membawa pesan untuk mencetak generasi yang kuat sebagai tulang punggung umat. Di pundak merekalah kejayaan dan kemunduran umat dipertaruhkan.
Berangkat dari spirit ayat tadi, RISMA (Remaja Islam Masjid) Al-Karim Desa Varia Agung Kecamatan Seputih Mataram Kab. Lampung Tengah yang merupakan pranata agama menyadari akan visi dan misinya yang tidak hanya menjadikan dirinya sebagai sarana penyelengaraan ibadah mahdloh saja, tetapi juga wahana pembinaan generasi-umat. Menilai bahwa kreativitas Islami merupakan salah satu potensi yang mampu membangun kekuatan nyata maka kami memandang perlu untuk mewadahi dan memfasilitasi kegiatan-kagiatan positif yang menjembatani tertanamnya nilai nilai Islami. Kreativitas berupa aneka lomba Islami dengan penyajian dan muatan-muatan bernuansa belajar sambil bermain yang memperhatikan perkembangan psikologis anak; senang mencoba, serba ingin tahu dan bermain.

IV. MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN
Kegiatan ini dimaksudkan untuk menggali potensi dan kreativitas Islami anak dan remaja muslim pada khususnya serta masyarakat muslim pada umumnya yang merupakan komponen-komponen kekuatan Umat, untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran akan kehidupan keberagamaan yang lebih baik dengan mencintai Rasul dan Al-Qur’an untuk mengahayati nilai nilai Islami yang dipesankannya dan menterjemahkannya dalam kehidupan nyata serta memupuk jiwa sportivitas sedini mungkin. Kegiatan ini juga ingin memproyeksikan bahwa hasil aneka lomba dapat membantu dalam mengevaluasi pencapaian hasil proses belajar mengajar yang sedang dijalani selama ini oleh siswa-siswi TK/RA, TPA/TPQ, Madrasah Diniyah, SD, dan yang sejenisnya, baik di tataran normatif maupun aplikatif yang mencakup pengetahuan, moral, seni budaya dan lain-lain.
Kegiatan aneka lomba yang digelar untuk tujuan di atas tentu saja idealnya harus mengakomodir berbagai aspek dan nilai yang tidak bisa terwakili oleh hanya satu, dua atau beberapa lomba saja, namun seperti sebuah kaedah yang mengatakan Maa laa yudraku kulluh laa yutraku julluh (sesuatu yang tidak dapat digapai semuanya, jangan ditinggalkan seluruhnya), maka kami berupaya mengambil beberapa lomba yang mudah dan memungkinkan untuk dilaksanakan karena mempertimbangkan berbagai hal, dengan tetap mengupayakan penyelenggaraan lomba-lomba yang bermuatan aspek-aspek dan nilai-nilai yang belum tersentuh di kesempatan lain.



V. WAKTU KEGIATAN
Hari Jum’at, 24-26 Juni 2011

VI. TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan ini akan diselenggarakan di TPQ An-Nur Desa Varia Agung Kec. Seputih Mataram Kab. Lampung Tengah.

VII. TARGET PESERTA
Aneka lomba ini akan diikuti oleh siswa-siswi TK/RA, TPA/TPQ, Madrasah Diniyah/SD, se-Kecamatan Seputih Mataram dan sekitarnya. Total peserta dari seluruh jenis lomba diproyeksikan sejumlah 150 peserta.

VIII. JENIS DAN KETENTUAN LOMBA
Terlampir

IX. SUSUNAN ACARA
Terlampir

X. SUSUNAN PANITIA
Terlampir

XI. ANGGARAN BIAYA KEGIATAN
Kegiatan ini akan menelan biaya sebesar kurang lebih Rp. Rp 6.500.000- (Enam juta lima ratus rupiah), mengingat kegiatan ini adalah kegiatan murni sosial nirlaba. Perincian anggaran terlampir.



XII. PENUTUP
Demikian proposal ini kami sajikan semoga dapat memberikan gambaran dan manfaat bagi semua pihak. Tidak lupa kami mengucapkan terimakasih dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tinginya bagi siapa saja yang telah berkontribusi dalam berbagai bentuk partisipasi. Semoga Allah SWT membalas lebih. Amiin…..

Varia Agung, 1 juni 2011

PANITIA PELAKSANA
LOMBA TK/RA, TPA/TPQ, DAN MADRASAH DINIYAH/SD, SE-KECAMATAN SEPUTIH MATARAM

KETUA PANITIA SEKRETARIS



KHABIBUROHMAN ALI SODIKIN

No comments:

Post a Comment