Monday, June 27, 2011

Peristiwa Isra’ Mi’roj

Peristiwa Isra’ Mi’roj
Isra’ mi’roj merupakan peristiwa yang sangat fenomenal karena peristiwa ini tidak pernah terjadi sebelumnya maupun untuk seterusnya, sehingga peristiwa ini sangat dikenang sepanjang masa. Dan diperingati sebagai peristiwa besar dalam sejarah islam, baik dalam keimanan maupun dalam ilmu pengetahuan.
Peristiwa isra’ mi’roj ini terjadi pada malam 27 Rajab, dalam waktu 11 tahun kenabian Rasulullah ketika Nabi Muhammad sedang bertafakur di Masjidil Haram. Di saat kondisi perjuangan islam sedang dalam masa-masa sulit. Umat islam diboikot oleh kaum Quraisy. Perdagangan dan berbagai interaksi social diisolasi dan dibatasi. Pada saat itu pula paman dan istri Rasulullah yang selalu gigih mendukung perjuangan Nabi dipanggil/diwafatkan oleh Allah SWT. Dalam keadaan tersebut Nabi benar-benar dalam kondisi jiwa yang tertekan. Di saat itulah Rasulullah lantas meningkatkan dzikir dan tafakurnya kepada Allah.
Kisah isra’ mi’roj adalah kisah perjalanan Nabi Muhammad pada malam hari dari Mekkah ke Palistina yang berjarak sekitar 1.500 km. dan diteruskan melakukan perjalanan menuju langit ke tujuh hanya dalam waktu semalam, bahkan sebelum subuh Nabi Muhammad sudah balik berada di Mekkah.
Perjalan Nabi Muhammad ditemani oleh Malaikat Jibril dengan mengendarai Buroq. Buroq adalah makluk berbadan cahaya yang berasal dari alam malakut yang dijadikan tunggangan selama perjalanan tersebut
Yang terpenting dalam peristiwa ini adalah diperintahkannya sholat 5 waktu dalam sehari semalam bagi umat islam. Untuk itu kita sebagai umat islam harus menjalankan sholat 5 waktu dalam sehari semalam dengan baik dan benar. Dalam al-Qur’an disebutkan ”Iqomussholah” artinya dirikanlah shalat, yang berarti menjalankan shalat dengan benar-benar sesuai syarat rukun dengan sebenar-benarnya.

No comments:

Post a Comment